BENTUK MOLEKUL BERDASARKAN TEORI TOLAKAN PASANGAN ELEKTRON

gambar 1

peta konsep

Tabel 1

Tabel 2

Tabel 3

Tabel 4

Tabel 5
Di dalam kehidupan sehari-hari banyak benda yang dapat berfungsi karena memiliki bentuk yang khusus, misalnya sarung tangan bentuknya seperti tangan. Molekul-molekul senyawa pun memiliki bentuk molekul tertentu. Bentuk-bentuk tersebut dapat memengaruhi terjadinya suatu proses atau reaksi kimia. Bentuk molekul dapat pula menyebabkan perbedaan sifat-sifat dari berbagai molekul. Sifat-sifat fisik dari suatu molekul sangat bergantung dari gaya antarmolekul penyusunnya. Gaya antarmolekul yang dikenal adalah gaya van der Waals dan ikatan hidrogen. Pada bab ini akan diuraikan tentang bentuk molekul berdasarkan teori tolakan pasangan elektron di sekitar atom pusat, teori hibridisasi, serta gaya antarmolekul dan hubungannya dengan sifat-sifat fisik molekul.

Bentuk Molekul Berdasarkan Teori Tolakan Pasangan Elektron

Struktur Lewis dari suatu molekul merupakan struktur yang dapat menggambarkan bagaimana posisi pasangan elektron yang mengelilingi atom pusat, baik pasangan elektron yang berikatan (PEI), maupun pasangan elektron yang tidak berikatan atau pasangan elektron bebas (PEB). Pasangan-pasangan elektron ini saling tolak menolak. Untuk menentukan bentuk molekul berdasarkan tolakan pasangan elektron di sekitar atom pusat, ahli kimia mengemukakan suatu teori yang dikenal dengan nama teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion).
Pada prinsipnya menurut teori VSEPR, masing-masing kelompok pasangan elektron yang mengelilingi atom pusat akan menempati tempat sejauh mungkin dari kelompok elektron yang lain untuk mengurangi gaya tolak dari elektron-elektron tersebut. Kelompok pasangan elektron dapat berupa ikatan tunggal, ikatan rangkap dua, dan ikatan rangkap tiga. Perhatikan Gambar 1.
gambar 1
Di dalam klasifikasi VSEPR ada beberapa huruf yang melambangkan atom pusat, atom yang mengelilingi atom pusat, dan pasangan elektron bebas, yaitu:
A = atom pusat
X = atom yang mengelilingi atom pusat
E = pasangan elektron bebas

1. Bentuk Molekul dengan Dua Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat (lihat Tabel 1)
Tabel 1

2. Bentuk Molekul dengan Tiga Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat (lihat Tabel 2)
Tabel 2

3. Bentuk Molekul dengan Empat Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat (lihat Tabel 3)
Tabel 3

4. Bentuk Molekul dengan Lima Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat (lihat Tabel 4)
Tabel 4

5. Bentuk Molekul dengan Enam Pasangan Elektron di Sekitar Atom Pusat (lihat Tabel 5)
Tabel 5

Bentuk molekul dapat diramalkan dengan teori jumlah pasangan elektron di sekitar atom pusat dan VSEPR. Langkah-langkahnya:
1. Menentukan struktur Lewis dari rumus molekul.
2. Menentukan jumlah pasangan elektron di sekeliling atom pusat, pasangan elektron ikatan, dan pasangan elektron bebas.
3. Memprediksi sudut-sudut ikatan yang mungkin berdasarkan jumlah kelompok elektron dan arah-arah yang mungkin akibat tolakan pasangan elektron bebas.
4. Menggambarkan dan memberi nama bentuk molekul berdasarkan jumlah PEI dan PEB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *