Avogadro

Semangat Pagiii pembaca sekalian..
Kali ini, admin akan berbagi pengetahuan tentang penggunaan software kimia, khususnya Avogadro.

Sudah megenal Avogadro? “Sudaaah” Waah keren sekali. Author saja baru mengenal saat kuliah semester lima (gubraak). Kita coba menggunakannya untuk pemodelan molekul dulu yaa. Kan sesuai tuh, dengan materi yang ada di blog ini (Bentuk Molekul). Kalau mau mendapat yang lebih canggih, silakan dicoba-coba sendiri atau mencari sumber yang lebih komplit 
Kita akan membuat molekul sederhana yang sering menjadi contoh dalam pembelajaran Kimia SMA yaa, XeO2F2.
Yuk cap cus..
1. Author anggap, semua sudah menginstall software ini dengan baik 
2. Silakan dibuka, hingga muncul tampilan sbb.

1

3. Atom pertama yang akan kita buat adalah atom pusat, Xe. Karena molekul yang akan kita buat tidak menggunakan Hidrogen, “Adjust Hydrogens” jangan dicentang. Sedangkan “Bond Border” diisi single dulu. Arahkan pointer ke “Element”, cari “Xenon”. Jika belum muncul pada pilihan, gunakan “Other”, klik atom Xenon satu kali saja. Letakkan Periodic Table di pinggir agar tidak mengganggu. Klik pointer lembar kerja (View 1), di posisi tengah saja, hingga muncul gambar sbb.

2

4. Selanjutnya, kita akan menambahkan O2 dan F2. Lakukan hal yang sama seperti langkah nomor 3. Setiap atom bisa diletakkan secara acak. Pastikan muncul gambar sbb.

3

5. Kita akan menambahkan ikatannya. Ikatan untuk F adalah tunggal. Pastikan “Bond Order” tertulis Single. Ikatan dibuat dengan menarik garis antara pusat F ke pusat Xe (boleh sebaliknya). Harus tepat di pusat atom, karena jika tidak, maka akan dianggap kita sedang menambahkan atom baru dengan jarak yang berdekatan . Klik kiri panjang, jangan dilepas hingga sampai di pusat atom yang diinginkan.
Sedangkan untuk membuat ikatan antara O dan Xe, bisa dengan cara mengubah “Bond Order” menjadi Double, kemudian mengikuti langkah di atas. Atau, tetap tertulis single, kemudian ditarik garis ikatan. Untuk membentuk ikatan rangkap, klik ikatan tunggal yang sudah terbentuk. Jadilah seperti ini.

4

6. Gambar di atas belum selesai, karena sudutnya belum sesuai. Untuk menyesuaikan sudut, gunakan tombol Auto Optimization, lalu klik Start. Tunggulah sampai molekul yang kita buat tidak berubah lagi bentuknya. Berarti, bentuknya sudah sesuai tuuh..
Bagaimana mengetahui panjang dan sudut ikatan? Singkat saja, cukup tekan F12.

7. Jadi deh.. Oya, penyimpanan gambar ini dilakukan seperti biasa, File, Save, lalu tentukan tempat penyimpanannya. Selesai 